Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis

0 81

Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis; Ikan mujair, merupakan ikan yang paling banyak dimiliki dan diternakkan oleh banyak petani ikan. Hal ini dikarenakan mudahnya cara berkembang biak dan cara merawatnya. Sehingga tidak heran kalau ikan mujair merupakan ikan yang paling mendominasi peternak ikan terutama di daerah perkampungan yang hanya mengandalakan metode tradisonal dalam bertani.

Jika kita jeli, ikan mujair bisa dijadikan lahan bisnis yang menurut penulis menjanjikan. Salah satunya ikan mujair dibuat dendeng manis . Selain bahan baku yang mudah juga ikan mujair sudah dikenal banyak orang, sehingga dalam pemasarannya pun akan lebih mudah.

Untuk itu penulis akan membahas tentang Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis

Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis

Ada beberapa alasan kita jarang menyajikan goreng ikan dengan bumbu dendeng manis.
Pertama, ikan dendeng manis membutuhkan banyak bumbu, setelah direndam semalaman, bumbu yang tidak terserap oleh ikan akan dibuang begitu saja dan melihat sisa bumbu terbuang percuma rasanya sayang sekali.
Kedua, karena tidak punya alternatif alat penjemur/pengering ikan seperti para – para di atasperapian/tungku, selalu ada kekhawatiran ikan yang sudah direndam bumbu semalaman tidak kering dalam satu hari sehingga akan memunculkan aroma ikan yang tidak segar.
Ketiga, karena mengandung banyak gula, diperlukan panas yang cukup dalam menggoreng ikan,  karena jika apinya terlalu besar akan membuat ikan cepat gosong sedangkan jika apinya terlalu kecil akan didapatkan ikan goreng yang ‘alot’.
Keempat, karena kandungan gula pula, minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan akan mudah berubah warna menjadi kehitaman sehingga jika ingin menghemat minyak, ikan digoreng bertahap dalam jumlah yang sedikit sehingga memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan keseluruhan proses memasak.
Selanjutnya kendati judulnya ‘Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis, tapi di pasar biasanya ikan mujair dijual tanpa dibedakan dengan ikan nila (dijual bersama – sama, mungkin bahkan penjulannya pun tidak menyadari bahwa ikan mujair dan nila adalah dua varietas ikan yang berbeda), maka kemungkinan besar ikan yang dibuat ‘Kere’ (dendeng manis) terdiri dari ikan mujair dan ikan nila bisa saja terjadi.  Namun rasanya taidak menjadi masalah.
Sebagai catatan, ikan yang dibuat kere/dendeng bisa ikan ukuran kecil ataupun ikan besar.  Jika yang dibuat berukuran kecil, diusahakan kere ini dibuat santapan ‘kriuk’ sedang jika ukurannya besar, saat penjemuran cukup bumbunya yang dibuat kering dan saat penggorengan ikan cukup dibuat ‘matang’ seperti goreng ikan pada umumnya.
Bagaimana, tertarik membuat Kere Mujaer sendiri?  Berikut Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis
Bahan :
1 Kilogram ikan Nila atau Mujair (isi 8)
Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
8 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm lengkuas
1 sendok makan ketumbar
1 1/2 sendok makan garam
200 gram gula aren
Cara Membuat :
1.  Bersihkan sisik ikan dan buang jeroannya, belah seperti kupu – kupu.
2.  Haluskan semua bumbu.
3.  Lumuri semua ikan dengan bumbu, diamkan kurang lebih 12 jam (semalam)
4.  Jemur ikan hingga kering
5.  Goreng ikan hingga matang.  Siap disajikan

Itulah Panduan Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis. Semoga bermanfaat

Kategori: ArtikelTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Resep dan Cara Membuat Dendeng Ikan Mujair atau Nila Manis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.