Definisi Shalat

0 75

Shalat menurut bahasa adalah berdoa . Sedangkan menurut istilah syara’ adalah sistem ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, berdasar atas syarat-syarat dan rukun-rukun yang telah ditentukan.

Dasar kewajiban shalat diantaranya adalah firman Allah SWT: “Dan dirikanlah shalat, tunaikan zakat, dan rukuklah besesrta orang-orang yang rukuk.” ( Q.S: Al-Baqarah (2) : 43)

Allah SWT. Berfirman,”..Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa),. Sesungguhnaya shalat itu  pardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”(Q.S.An-Nisa’ (4) : 103)

Shalat adalah tiangnya agama; barangsiapa menegakkan shalat berarti ia telah menegakkan agamanya; dan barang siapa meninggalkan shalat maka ia telah merobohkan agamanya. Shalat merupakan amalan yang pertama kali akan dihisab nanti di hari pembalasan. Jika baik shalatnya, maka baik pula amal ibdah yang lainnya. Seblikanya, jika buruk shalatnya, maka akan buruk pula amal ibdah yang lainnya.

Nabi Muhammad SAW, bersabda dari riwayat Abu Hurairah r.a. ” Sesungguhnya yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika baik shalatnya, maka telah beruntung dan lulus ; dan bila rusak shalatnya, maka ia akan kecewa dan merugi.”

Kategori: AnekaTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Definisi Shalat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.