Cara Menanam Sayuran Irit Air dan Hemat Tempat

0 42

Hobby Menanam Sayuran , inilah cara menanam sayuran irit air dan hemat tempat. Yaitu dengan memanfaatkan batang pohon pisang ( gedebog pisang). Batang pohon pisang selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik, juga bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran jenis cabai, terong, tomat, bayam, sawi, kangkung, dan sejenisnya

Batang pisang dapat digunakan sebagai pupuk organik atau bokashi. Batang pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran. Jenis sayuran yang biasa ditanam di limbah pohon pisang ini adalah cabai, terong, tomat, bayam, sawi, kangkung, dan sejenisnya.

 Kelebihan dalam menanam atau budidaya sayur organik dengan menggunakan media batang pisang ternyata dapat menghemat air untuk penyiraman. Jika perlakuan tempat menggunakan paranet atau shading net  (green house) pada masa 3 bulan sayuran yang ditanam, Anda tidak memerlukan penyiraman intensif.

Meski tidak mendapat siraman yang intensif, tetapi budidaya sayur dengan media batang pisang tetap mampu tumbuh subur. Ini dikarenakan batang pisang mempunyai cadangan air yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk dapat bertumbuh dan berkembang.

Metode budidaya sayuran dengan batang pisang (gedebog) sangat mudah dan praktis, Anda hanya membutuhkan beberapa batang pohon pisang atau tergantung berapa banyak sayuran yang ingin dibudidayakan.

Peralatan dan bahan yang lain dibutuhkan adalah Bokashi dan campuran tanah 1 : 2 , 1 bagian bokashi dan 2 bagian untuk tanah. Kaleng bekas dengan diameter lebih kurang 10 cm untuk melubangi batang pisang, jarak tanam disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Yang harus dipersiapkan merupakan bibit sayur yang hendak dibudidayakan menggunakan teknik organik, penyemaian benih terlebih dahulu untuk jenis tanaman  seperti cabai , tomat, dan terong. Ketiga jenis tanaman ini sangat baik dengan penyemaian benih terlebih dahulu.

Setelah batang pisang (gedebog) dilubangi dalamnya,  isi lubang tersebut dengan campuran bokashi dan tanah yang telah di buat. Lalu biarkan selama 3 – 5 hari, selanjutnya tanam bibit disaat pengisian bokashi telah mencapai 3-5 hari. Untuk menjaga kelembaban suhu sebaiknya lahan yang dijadikan tempat budidaya telah dipasang dengan paranet.

Untuk perawatan tanaman dengan budidaya batang pisang (gedebog) pisang tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah penyemprotan pupuk cair organik setiap 5 hari sekali dan diselingi dengan pengendalian hama atau pestisida organik yang dapat dibuat sendiri.

Jika diperlakukan secara baik dan benar, maka budidaya sayur organik menggunakan batang pisang (gedebog) akan memberikan hasil yang maksimal tanpa memerlukan penyiraman. Teknik budidaya ini sangat cocok untuk daerah yang kurang atau terbatas sumber air.

Semoga cara budidaya tanaman sayur dengan batang pisang dapat menjadi solusi untuk daerah yang kekurangan sumber air. Selain itu, dengan cara menanam dengan batang pisang, kita bisa memanfaatkan barang yang tidak dipakan (batang pisang) menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Itulah Cara Menanam Sayuran Irit Air dan Hemat Tempat. Semoga bermanfaat. Selamat menanam.

Kategori: ArtikelTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Menanam Sayuran Irit Air dan Hemat Tempat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.