Cara Menanam Bawang Merah di Pohon Pisang Yang Masih Hidup

0 46

Cara Menanam Bawang Merah di Pohon Pisang Yang Masih Hidup ini merupakan ide yang cukup cemerlang khususnya dipraktekkan pada musim kemarau.

Pohon pisang merupakan salah satu jenis pohon yang hidup pada daerah tropis. Pohon ini biasanya memiliki tinggi hingga 2 meteran, dengan daun yang sangat lebar dan juga buah yang manis. Buahnya memang sangat populer dengan warna kuning dan juga hijau.Selain berbuah manis pisang juga banyak mengandung sumber vitamin yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

Baca Juga : Cara Menanam Sayuran Irit Air dan Hemat Tempat

Bukan hanya buahnya saja yang bisa di manfatkan tapi batang atau pohonnya pun bisa dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan yaitu menanam sayuran berupa bawang merah, bawang putih serta sayuran seperti sawi yang pohonya hanya setinggi setengah meter.

cara yang satu ini cukup unik dan efektif untuk pemanfaatan tempat menanam sayuran di pohon pisang yang masih hidup, dikarenakan pohon pisang  cuma satu kali berbuah dan seterusnya tidak akan berbuah lagi jadi dari pada di tebang sebaiknya dimanfaatkan sebagai tempat atau pot sayuran menjadi organik seperti pada gambar di bawah ini :

Dengan pengelolaan budidaya secara organik tanpa menggunakan input kimia sintetis akan membantu kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayuran berarti memperbanyak kandungan gizi alami yang terserap dalam tubuh. Dengan penataan yang baik, suasana rumah akan lebih asri, enak dipandangn dan lebih sejuk.

Persiapkan paralon ukuran diameter 5 dim dan panjang 2 meter. Jarak antara lubang dalam deretan adalah 10 cm dan berselang seling antara lubang tanam deret di sebelahnya. Lubangi lubang tanam yang sudah kita tandai dengan Bor. Siapkan dudukkan untuk paralon kemudian cor dengan semen.

Setelah itu masukan pipa kecil yang telah di lubangi sepanjang paralon di tengah paralon. Ini berfungsi untuk pemerataan air saat penyiraman. Langkah Terakhir adalah memasukan media tanam (tanah) campuran abu batu, arang batok kelapa, dan pupuk kandang kedalam paralon secara merata. Media pot siap untuk ditanam dengan bawang merah.

Apabila disekitar rumah ada tanaman pohon pisang bisa juga dimanfaatkan untuk menanam bawang merah. Batang pohon pisang ditusuk sebesar ukuran sebiji bawang merah dengan jarak 10 cm, selang seling muter. Jangan sampai melukai isi hati  karena bisa membuat  pohon pisangnya mati. Setelah semua siap tinggal masukan benih bawang merah kedalam tusukan batang pohon pisang.

Kategori: Artikel
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Menanam Bawang Merah di Pohon Pisang Yang Masih Hidup"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.