Cara Membesarkan Blog Agar Menjadi Investasi Masa Depan

52

Cara Membesarkan Blog Agar Menjadi Investasi Masa Depan ; Mempunyai blog dengan puluhan ribu pengunjung per hari tentu menjadi impian setiap blogger. Selain akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pengelolanya juga secara finansial pastilah akan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Blog saat ini tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobby menulis, berbagi informasi, atau sekedar catatan harian pengelolanya, tapi sudah bergeser lebih dari sekedar itu. Bahkan bisa dijadikan investasi masa depan jika dikelola dengan baik.

Baca Artikel : 10 Blog dengan Penghasilan Google Adsense Terbesar

Jika anda punya impian untuk menjadikan blog sebagai investasi masa depan, pengelola ebisnis.co.id akan berbagi tips Cara Membesarkan Blog Agar Menjadi Investasi Masa Depan . Inilah langkah-langkahnya :

  • Buat Blog dengan Domain dan Hosting Berbayar

Jika anda memang akan menjadikan blog sebagai investasi, buatlah blog dengan domain dan hosting berbayar. Walaupun banyak yang menawarkan blog gratisan seperti blogspot dan wordpress, jika anda ingin serius anda harus berani mengeluarkan modal. Percayalah, modal yang anda keluarkan, jika blog anda sampai sukses, tidak butuh waktu lama untuk mengembalikan modal anda.

  • Tentukan Nama Domain Yang Menjual

Blog besar diawali oleh sebuah nama domain. Jadi saat anda memutuskan untuk membuat blog dengan domain dan berbayar, pilih nama domain yang menjual. Artinya nama blog yang sesuai dengan topik yang akan anda pilih. Walaupun nama domain tidak begitu mempengaruhi terlalu besar terhadap SEO, tapi setidaknya ikut andil dalam mempermudah calon pembaca blog anda nantinya. Jadi selain menjual, nama domain juga yang mudah diingat. Misalkan saja jika blog anda akan membahas topik tentang bisnis online, anda bisa memilih nama domain seperti :   bisnisonline”panduanbisnis”seputarbisnisonline”carabisnisonline”, dll. Jika masih tersedia, usahakan menggunakan .com

  • Pilih Tema atau Theme yang Sesuai

Theme tidak kalah pentingnya dengan domain dan hosting, karena akan ikut berperan penting dalam blog anda. Pilihlah theme responsive yaitu theme yang bukan hanya bisa diakses oleh laptop atau PC tapi baik juga saat dibuka di smartphone atau tablet. Jika anda punya dana cukup, belilah theme yang berlisensi resmi bukan gratisan apalagi hasil bajakan, karena kurang baik bahkan tidak aman untuk blog anda. Anda bisa mencari berbagai jenis theme di themeforest atau penjual theme lainnya.

  • Pilih Topik Blog 

Setelah blog anda siap , domain telah anda siapkan. Langkah selanjutnya tentukan topik blog anda. Untuk memudahkan pencarian, bagi topik dalam berbagai kategori dan sub kategori. Jangan lupa , agar terhindar dari kehilangan ide, sebaiknya pilih topik blog yang benar-benar telah anda kuasai bahkan minat anda, atau minimal menjadi hobby anda.

Anda bisa memilih tipe blog gado-gado yaitu blog dengan berbagai topik atau dengan niche tertentu. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari persiapan anda dalam pengisian konten nantinya.

  • Isi Konten Secara Rutin

Langkah selanjutnya, adalah mengisi blog dengan konten yang sesuai dengan topik yang sudah anda persiapkan di awal. Usahakan mengisi konten dengan rutin. Silahkan anda buat jadwal pengisian konten disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing.

Karena topik artikel ini ” Cara Membesarkan Blog Agar Menjadi Investasi Masa Depan” dalam pengisian konten harus benar-benar diisi dengan konten yang mengutamakan kualitas bukan kwantitas. Agar blog anda benar-benar menjadi investasi yang akan memberikan keuntungan jangka panjang ke depannya. Hindari copy paste dan hal sejenis. Ingat blog anda bukan hanya kwantitas atau jumlah artikel saja, tapi kualitas harus lebih di kedepankan.

  • Pasang Statistik Blog

Untuk mengontrol perkembangan blog anda. Pasang statistik,  anda bisa menggunakan statistik dari  www.histats.com atau layanan sejenis lainnya.

  • Monitizing  Blog

Jika konten telah cukup banyak, statistik kunjungan telah meningkat. Tiba saatnya memonitize blog anda. Dibaca dari sekilas, kita bisa menebak bahwa monetizing itu berasal dari kata money yang artinya uang. Monetizing berasal dari kata monetizaton yang artinya menguangkan. Sederhananya, monetization berarti menerapkan metode-metode untuk menghasilkan uang dari konten yang dikelola.

Anda bisa memilih berbagai cara memonitize blog, seperti ; bergabung menjadi publisher google adsense , menyediakan tempat untuk memasang banner, review produk dan jasa, Dll. Jika blog anda telah punya banyak konten berkualitas, otomatis pengunjung akan datang dengan sendirinya. Jika pengunjung telah banyak, untuk memonitize blog akan mudah anda lakukan. Jadi persiapkan saja dulu sesuai langkah di atas.

  • Terus Belajar 

Langkah yang terakhir, jangan merasa puas dengan apa yang sudah ada. Terus kembangkan bakat dan tingkatkan kualitas blog anda. Caranya dengan terus belajar. Teknologi terus berkembang, kalau kita tidak terus belajar lambat laun kita akan tertinggal juga. Jadi jangan pernah bosan untuk belajar. Karena ilmu tidak akan pernah ada habisnya.

Itulah Artikel tentang Cara Membesarkan Blog Agar Menjadi Investasi Masa Depan. Semoga memberikan inspirasi dan juga motivasi khususnya untuk anda yang baru memulai. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman anda

Kategori: ArtikelTag:
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.