Home » Previous Page » Article:

Beberapa Alasan Kenapa Orang Jepang Kebanyakan Sukses

Beberapa Alasan Kenapa Orang Jepang Kebanyakan Sukses

Jepang terkenal sebagai negara yang maju dan sukses dalam banyak hal. Negara Jepang merupakan salah satu pusat teknologi dunia, mereka menyumbang berbagai ilmu pengetahuan yang handal bagi manusia. Dan ternyata, Jepang memiliki tingkat perekonomian terbai

Jepang terkenal sebagai negara yang maju dan sukses dalam banyak hal. Negara Jepang merupakan salah satu pusat teknologi dunia, mereka menyumbang berbagai ilmu pengetahuan yang handal bagi manusia. Dan ternyata, Jepang memiliki tingkat perekonomian terbaik se-Asia Timur.

Orang Jepang bisa sukses bukan tanpa tantangan, ada banyak sekali tantangan yang selama ini berhasil dilalui oleh masyarakat Jepang. Sebut saja Tsunami yang melibas negeri Matahari ini di tahun 2011 silam. Peristiwa tersebut sempat mengakibatkan perekonomian Jepang goyah. Tapi tak perlu waktu lama bagi Jepang untuk kembali menjadi negara superior.

Sebenarnya apa rahasia sukses orang Jepang? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Orang Jepang Suka Bekerja Keras

Orang Jepang terkenal suka bekerja keras, ini adalah salah satu rahasia sukses mereka. Para pekerja di Jepang sudah terbiasa bekerja di atas 8 jam dalam sehari. Walaupun hal ini tidak baik untuk kesehatan, tapi para pekerja di Jepang tetap melakukannya. Kabarnya banyak pekerja di Jepang yang meninggal dunia karena kebiasaan yang tidak sehat ini, yaitu terlalu lama bekerja.

Sebenarnya kerja keras tidak melulu dihubungkan dengan jumlah jam kerja seseorang, melainkan produktivitas dan konsistensi dalam mempertahankan kualitas kerja. Kita bisa meniru etos kerja orang Jepang, tapi sebaiknya perhatikan juga kesehatan tubuh Anda.

2. Budaya Rasa Malu yang Tinggi

Rahasia sukses orang Jepang berikutnya adalah budaya rasa malu yang tinggi. Orang Jepang akan sangat malu bila gagal melakukan tugasnya. Bahkan dulu banyak orang Jepang yang melakukan tradisi harakiri, yaitu memilih untuk bunuh diri karena gagal dalam tugas.

Budaya rasa malu yang tinggi ini membuat orang Jepang menghukum dirinya sendiri saat gagal atau tidak punya prestasi dalam bekerja. Para pejabat di Jepang yang terindikasi melakukan korupsi atau melakukan kelalaian dalam tugas akan memilih untuk mengundurkan diri.

Kita bisa meniru budaya rasa malu orang Jepang tersebut, tapi tidak perlu sampai bunuh diri ya. Ga boleh! Rasa malu dan tidak ingin gagal akan membuat seseorang terpacu untuk bekerja lebih baik.

3. Mereka Dididik Untuk Mandiri Sejak Kecil

Sejak usia dini orang Jepang sudah mendidik anak-anak mereka untuk hidup mandiri. Anak TK di Jepang sudah terbiasa membawa tas dan tempat makan/ minum mereka sendiri ke sekolah. Bahkan salah satu tugas tambahan anak TK di Jepang adalah membersihkan sekolah mereka. Agak ekstrim ya.

Setelah lulus SMA dan kuliah, pemuda di Jepang sudah tidak lagi meminta uang dari orang tua. Mereka bekerja part time untuk membayar biaya kuliah dan biaya hidup. Jika mereka kehabisan uang, mereka akan meminjam uang kepada orang tua dan akan membayar hutang tersebut kemudian setelah memiliki uang.

4. Pantang Menyerah Sesulit Apapun Tantangan

Kita semua tahu bagaimana hancurnya negara Jepang ketika dua kota penting mereka, Hiroshima dan Nagasaki, diluluh-lantakkan oleh bom atom. Kerusakan infrastruktur yang begitu parah telah menghentikan semua kegiatan ekonomi dan politik di negara ini. Namun, kerusakan yang terparah adalah pada psikologis masyarakat Jepang kala itu.

Selain tragedi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, musibah Tsunami yang terjadi tahun 2011 silam juga merupakan pukulan keras bagi negara Jepang. Infrastruktur mereka mengalami kerusakan yang sangat parah. Namun, semua tantangan tersebut mereka lalui dengan baik. Dan hasilnya Jepang hari ini menjadi negara super power yang mendominasi perekonomian dunia.

5. Loyalitas dan Totalitas Melakukan Pekerjaan

Orang-orang di negeri Sakura terkenal dengan loyalitas mereka, dan ini adalah salah satu rahasia sukses orang Jepang. Jika di Indonesia para pekerja sering berpindah tempat kerja untuk mendapatkan karir dan penghasilan yang lebih baik, tidak demikian dengan orang Jepang.

Di Jepang banyak sekali perusahaan yang lebih mengutamakan menerima fresh graduate menjadi karayawan mereka. Hal ini bertujuan untuk melatih si karyawan agar mengerti tentang budaya kerja di perusahaan tersebut dan mampu bekerja dengan totalitas dan loyal kepada perusahaan.

Kebanyakan orang Jepang hanya bekerja di satu atau dua perusahaan sampai mereka pensiun.

6. Selalu Berinovasi dan Melakukan Perbaikan

Bagi orang Jepang, pekerjaan terbaik pun tidak akan pernah sempurna. Rahasia sukses orang Jepang yang satu ini seharusnya kita tiru dan terapkan dalam pekerjaan.

Menurut beberapa sumber, bangsa Jepang bukanlah bangsa penemu. Tapi mereka mampu mengembangkan setiap penemuan menjadi sesuatu yang lebih baik dan bisa diterima banyak orang.

Ada banyak sekali produk Jepang yang sudah beredar di berbagai belahan dunia. Hal ini tidak membuat mereka berbangga diri, bahkan terus melakukan perbaikan pada produk tersebut hingga menjadi sesuatu yang mengagumkan. Salah satu contohnya adalah mobil Jepang yang terus mengalami perubahan dan perbaikan.

7. Menjaga Tradisi dan Menghormati Orang Tua

Dunia mengakui bahwa Jepang merupakan salah satu pusat teknologi dunia. Namun, perkembangan jaman dan kemajuan teknologi tidak serta merta membuat orang Jepang kehilangan jati diri mereka. Bangsa Jepang sangat menghargai dan menjaga dengan baik tradisi leluhurnya.

Konon, dulu ada tradisi orang Jepang membuang orang tua mereka yang sudah renta ke hutan, karena dianggap sebagai beban. Tapi tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi, bahkan orang Jepang saat ini terkenal sangat menghormati orang tua mereka.

Salah satu tradisi yang menjadi rahasia kesuksesan orang Jepang adalah tradisi meminta maaf lebih dulu dengan membungkuk. Bahkan terkadang orang Jepang membungkuk tanpa alasan yang jelas.

8. Orang Jepang Terkenal Suka Membaca

Ketika berkunjung ke Jepang, mungkin Anda akan kaget melihat para penumpang kereta listrik di Jepang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di Jepang sangat suka membaca, baik itu buku, majalah, ataupun koran.

Kebiasaan membaca ini tentunya adalah sesuatu yang baik. Dengan membaca maka cakrawala berpikir seseorang akan lebih terbuka dan memiliki pengetahuan yang luas.

Kalau ingin menerapkan tips sukses orang Jepang yang satu ini, pastikan Anda membaca sesuatu yang bermanfaat ya. Misalnya buku tentang pengembangan diri, atau buku-buku tentang pengetahuan umum.

9. Hidup Hemat dan Jauh dari Hedonisme

Bila sebagian orang Indonesia membeli mobil mewah karena ingin terlihat kaya dengan cara meminjam uang, maka hal ini tidak akan kita temukan di Jepang. Mereka cerdas dalam mengelola dana, ini rahasia sukses orang Jepang yang sebenarnya sangat mudah diterapkan, percayalah!

Negara Jepang kita kenal sebagai produsen mobil dan gadget keren, tapi faktanya orang Jepang justru memilih gaya hidup sederhana. Para pekerja di Jepang lebih memilih berjalan kaki, bersepeda, dan kendaraan umum saat pergi ke tempat kerja. Dan pengguna gadget di Jepang lebih memilih menabung uangnya ketimbang membeli gadget keluaran terbaru.

Mereka suka menabung, berinvestasi, atau membeli kebutuhan yang lebih berharga ketimbang membeli barang-barang mahal.

10. Bekerja Secara Team Work

Orang Jepang terbiasa bekerja dengan team work (kerjasama tim). Mereka lebih senang bekerja secara berkelompok ketimbang bekerja sendiri. Begitu juga dengan hasil kerja. Orang Jepang lebih suka klaim sebuah hasil sebagai prestasi tim

Ada anekdot bahwa “satu orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, tapi 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang yang berkelompok”.

Budaya team work ini tentunya adalah sesuatu yang sangat baik. Satu masalah sulit bisa lebih cepat selesai bila dikerjakan dengan bersama-sama oleh sebuah tim yang solid.

Nah, di atas tadi adalah 10 rahasia sukses orang Jepang yang bisa kita tiru.

Sumber : www.maxmanroe.com


Tags:   Inspirasi & Motivasi    Pendidikan    Personal
 PDF  Print this article
Rating: 0.00 (0 votes) Rate this article
Bookmark and share this article: