8 Hikmah Di Balik Perintah Shalat

0 63

8 Hikmah Di Balik Perintah Shalat; Shalat merupakan ibadah yang mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Hal ini tentu banyak sekali Hikmah Di Balik Perintah Shalat. Dalam artikel kali ini penulis akan menyampikan artikel yang berhubungan dengan hikmah shalat.

Banyak sekali hikmah yang eterkandung dibalik perintah atau disyariatkannya shalat. Sungguh beruntung hamba Allah yang dapat memahami hikmah dibalik perintah shalat dan dijiwai dengan segenap hati serta diamalkan secara total dalam kehidupan sehari-hari. Diantara Hikmah Di Balik Perintah Shalat adalah :

A. Dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar

Shalat yang dikerjakan dengan ikhlas dan khusuk akan menghasilkan perilaku yang baik dan terpuji, serta dijauhkan dari perbuatan keji dan juga munkar. Sejalan dengan Firman Allah : ” Sesungguhanya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.” (Q.S. Al-Ankabut (29) : 45)

Akan tetapi, bagaimana jika orang yang mengerjakan shalat tapi tetap melakukan perbuatan keji dan juga munkar …? Jawabannya , berarti ia melakukan shalat tidak disertai khusuk dan juga ikhlas. Dengan shalatnya belum ada ketundukkan total atas Dia Sang Pencipta. Belum dapat menghadirkan Allah dalam hatinya ketika shalat. Sehingga Shalatnya hanya merupakan rutinitas ibadah tanpa makna. Untuk itu perlu diperbaharui serta diteliti kembali shalatnya. Jika menemukan hal-hal yang kurang, maka perbaikilah, sehingga shalat akan mampu mencegah perbuatan keji dan munkar dengan sendirinya.

B. Shalat Sebagai Sarana untuk Memohon Pertolongan

Pada saat mengalami permasalahan, manusia membutuhkan sarana untuk mengatasi permasalahannya. Shalat merupakan  salah satu sarana yang diberikan Allah untuk hamba-Nya yang beriman. Allah SWT. berfirman,” Jadikanlah sabar dan Shalat sebagai penolongmu. Dan, sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk , ( yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya .” (Q.S. Al-Baqarah (2) 45-46)

C. Shalat Menjadikan Manusia Tangguh

Shalat yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan dihayati dapat menjadikan orang yang mengerjakannya tangguh, tidak kikir, dan tidak akan mudah berkeluh kesah. ” Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.  Apabila ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, kecuali orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu konsisten mengerjakan shalatnya.” (Q.S. Al-Ma’arij ( 70) 19-23)

D. Shalat Dapat Membersihkan Dosa

Shalat dapat membersih dosa seseorang sebagaimana air membersihkan kotoran yang menempel di badan. Ilustrasi yang sangat indah diberikan oleh Rasullallah SWA. Beliau bersabda,” Kalau didekat rumahmu ada sungai yang mengalir dan kamu mandi lima kali sehari, maka masihkah ada kotoran yang menempel?’ Para shabat menjawab,” Tentu saja tidak.” Nabi melanjutnkan,” Begitulah dengan shalat, ia membersihkan dari dosamu seperti mandi membersihkan kotoran,”

Dalam redaksi lainnya,” Perumpamaan shalat lima waktu seperti sebuah sungai dekat dengan pintu rumah seseorang yang airnya mengalir dan melimpah, dan ia mandi di sungai itu lima kali setiap hari.”(H.R. Bukhari dan Muslim)

Telah disimpulkan oleh Al-Ghazali, bahwa bersuci tidak sekedar mencuci anggota badan , namun ada empat tahap , yaitu:

  1. Membersihkan Jasmani dari hadats dan najis.
  2. Membersihkan anggota badan dari kejahatan dan perbuatan dosa.
  3. Membersihkan hatio dari akhlak tercela.
  4. Membersihkan batin dari selain Allah

E. Shalat Mendapatkan Jaminan dan Naungan Allah SWT

Konsep Islam menyebutkan bahwa seseorang masuk surga bukan karena semata-mata karena amalnya, namun karena rahmat dari Allah SWT. Dan masing-masing orang akan mempertanggung jawabkan apa yang ia lakukan di dunia. Satu sama lain tidak bisa sling membantu dan menjamin. Namun Allah memberikan sarana untuk mendapatkan perlindungan , yatiu amal salih, salah satunya adalah shalat.

” Ada 3 golongan manusia yang berada di bawah jaminan Allah SWT, yaitu laki-laki yang keluar dari masjid-masjid Allah , laki-laki yang keluar untuk berperang di jalan Allah, dan laki-laki yang keluar untuk menunaikan ibdaha haji.” ( Shahih Al-Jami’ dalam Qahthani, 1998)

F. Shalat Membuat Hati Tenang

Shalat sejatinya merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT. Sebagi Dzikir , shalat dapat berfungsi mendatangkan ketenangan dan menghilangkan stress serta kecemasan. Allah SWT berfirman,” (Yaiut) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tentram.” (Q.S. AR-Ra’du (13):28).

G. Shalat Menjauhkan dari Neraka Saqar

Salah satu menghindarkan diri dari siksa api neraka adalah dengan mengejakan dan mendirikan shalat, amal yang mungkin dianggap ebrat oleh sebagian manusia. Allah SWT, berfirma,”Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar(neraka) ? Mereka menjawab:’ Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat..”(Q.S. Al-Mudatsir(74): 42-43).

H. Shalat Memberikan Hikmah untuk Kesehatan Tubuh 

Dalam Mukjizat Gerakan Shalat, Drs. Madyo Wratsongko menerangkanbahwa gerakan shalat dapat melenturkan urat saraf, mengaktifkan sistem keringat, dan istem pemanas tubuh. Selain itu juga membuka pintu oksigen ke daerah otak, mengeluarkan muatan listrik negatif dari dalam tubuh, membiasakan pembuluh darah halus di otak mendapatkan tekanan tinggi. Dan membuka pembuluh darah di bagian dalam tubuh( arteri jantung)

Drs. Sentot Haryanto, M.Si. dalam Psikologi Shalat, juga menegaskan keberadaan aspek-aspek shalat yang sangat baik untuk tubuh manusia, seperti aspek olah raga, aspek relaksasi otot, aspek relaksasi kesadaran indra, aspek meditasi, aspek auto-sugensti/self hipnosis, serta aspek pengakuan dan penyeluran (kutarsis).

Kategori: Aneka
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "8 Hikmah Di Balik Perintah Shalat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.