6 Formula Membangun Rumah Tangga Bahagia

0 88

Bismillahirrahmaanirrahiim …. 6 Formula Membangun Rumah Tangga Bahagia; Ketika awal berumah tangga, siapapun dia akan mendambakan hidup bahagia. Namun tidak demikian kenyataannya. Karena hidup tidak akan lepas dari cobaan, dilema, dan berbagai romantika kehidupan lainnya. Itulah seninya hidup. Dalam artikel kali ini, penulis akan mencoba memberikan formula membangun rumah tangga bahagia dengan judul “ 6 Formula Membangun Rumah Tangga Bahagia ” Ya …gunakan 6 formula ini, insya allah apapun cobaannya, akan mampu kita hadapai dengan tenang.

Gunakan Formula 6 K di bawah sebagai jurus ampuh menghadapi dan menjalani biduk rumah tangga. Agar apa yang menjadi harapan akan tercapai.

1. Ketakwaan

Ketika memulai rumah tangga tanamkan niat yang ikhlas, jika rumah tangga kita semata-mata hanya melaksanakan sebagian dari perintah-Nya. Sebagai wujud ketakwaan pada-Nya.  Bukan hanya melulu karena ingin menyalurkan kebutuhan biologis dan nafsu belaka. Karena di dalam rumah tangga tertanam nilai-nilai ketakwaan jika dijalankan dengan niat yang ikhlas. Jadikan rumah tangga sebagai ladang amal dan cara untuk meningkatkan ketakwaan kepada-Nya.

2. Kasih Sayang

Ketika kita mendengarkan ceramah dan nasihat pernikahan, tentu sering mendengar kalimat , Sakinah, Mawadah, wa Rahmah. Itulah tujuan rumah tangga. Yaitu membangun ketenangan ( sakinah ), saling mencintai dengan tulus ( mawadah ), dan saling menyayangi ( rahmah ). Maka ketika kita mendambakan kebhagiaan dalam rumah tangga. Memupuk kasih sayang perlu ditanamkan sejak awal. Sehingga kebahagiaan dalam berumah tangga akan kita rasakan selamanya. Untuk mewujudkan hal itu, teladani rumah tangga Rasulallah SAW, bagaimana beliau menanamkan aksih sayang terhadap keluarnya. Kerena hanya beliaulah yang patut kita teladani dalam segala hal.

3. Kesetiaan

Kesetiaan dalam membangun rumah tangga mendapatkan kedudukan yang penting. Tanpa kesetiaan satu sama lain, niscaya rumah tangga akan hancur berantakkan. Kecurigaan yang berlebihan, cemburu buta, dan hal lain yang menodai ketenangan rumah tangga akan mudah teratasi ketika kesetiaan anatara suami istri sudah tertanam satu sama lain.

4. Komunikasi

Membangun rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Karena menyatukan visi dan misi dalam satu wadah yang disebut rumah tangga. Bagaimana tidak, karena antara suami dan istri berasal dari keluarga yang berbeda, latar belakang yang berbeda, cara berpikir yang berbeda, kebiasaan yang berbeda dan hal lainnya yang berbeda. Yang harus mampu kita satukan dalam visi dan misi yang sama yaitu membangun keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah. 

Untuk mewujudkan hal di atas, maka komunikasi diperlukan. Ketika menemukan perbedaan, maka komunikasi satu sama lain, dan diskusi untuk mencari solusi yang terbaik tanpa egois tidak akan terwujud kalau tanpa membangun komunikasi yang baik antara suami dan istri.

5. Keterbukaan

Jika menemukan suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan masing-masing dan komunikasi telah tejalin dengan baik dan benar, maka selanjutnya keterbukaan antara suami dan istri patut ditanamkan dalam membangun rumah tangga. Terbukalah dalam berbagai hal. Karena antara suami dan istri merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam rumah tangga. Tanpa keterbukaan, komunikasi tidak akan terjalin dengan baik. Dengan keterbukaan, kita akan mengetahui apa yang diinginkan pasangan kita. Itulah perlunya keterbukaan.

6. Kejujuran

Kasih sayang, Kesetiaan, Komunikasi, dan keterbukaan, kalau tidak disertai dengan kejujuran tentu semuanya akan sia-sia. Karena kasih tanpa kejujuran adalah kasih sayang penuh kepalsuan, keterbukaan tanpa kejujuran hanya keterbukaan semu, pun hal yang lainnya. Maka kejujuran dalam berumah tangga mutlak dibutuhkan.

Itulah 6 Formula Membangun Rumah Tangga Bahagia  , semoga artikel di atas mampu memberikan solusi untuk anda yang sedang mencari solusi berumah tangga yang sakinah, mawadah, wa rahmah. Semoga bermanfaat.

 

Kategori: AnekaTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "6 Formula Membangun Rumah Tangga Bahagia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.