5 Kunci Sukses Dunia Akhirat

0 62

Setiap orang selalu mendambakan kesuksesan baik di dunia di akhirat. Dalam artikel kali ini Penulis akan memberikan TIps Sukses dengan Judul “5 Kunci Sukses Dunia Akhirat” Diantara Kunci Sukses Dunia Akhirat Adalah :

Senantiasa Istiqomah

Istiqomah memiliki arti konsisten dalam melakukan kebaikan. Teguh pendirian dan tidak akan pernah goyah oleh berbagai macam cobaan dalam mendapatkan ridho Allah.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian (Istiqomah) mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) Surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (Q.S.Fussilat : 30)

Orang yang istiqomah aqidahnya akan selalu kokoh dan keimanannya tidak akan goyang dalam menjalani masalah hidup. Walaupun tidak memiliki uang, dicaci maki dan dipuji, apabila sudah kosnisten maka tidak ada yang mampu menggoyahkan keistiqomahannya.

Selalu Bersabar

Seorang muslim harus memiliki sifat sabar, karena sabar merupakan salah satu inti kunci sukses dunia akhirat dan seorang muslim harus menahan dirinya dari kesusahan serta menghadapinya sesuai ajaran islam, menjaga lisan dari celaan, menahan amarah dan badan dari perbuatan dosa.

Kita harus bersabar dalam menghadapi cobaan dan menahan diri dari sikap yang berlebihan atau menahan diri dari sikap boros. Sabar harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya saat mengalami kesulitan, bahkan dalam kemudahan dan kesenangan juga.

Senantiasa Ikhlas

Ikhlas adalah menerima apa yang ada dan mampu menjalankannya tanpa perlu pujian dari orang lain, hanya mengharapkan ridho Allah. Menggantungkan harapan hanya kepada Allah, dengan mengikhlaskan dan meluruskan niat untuk mengharapkan ridho Allah. Ikhlas merupakan kunci sukses dunia akhirat yang bisa menjamin seseorang mendapatkan keberkahan.

Selalu Bersyukur

Bersyukur merupakan kunci sukses dunia akhirat yang sangat penting, dengan menerima apa yang ada, tentunya kita harus mensyukurinya dengan mengucapkan “Alhamdulillah”, diikuti dengan hati dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita harus selalu bersyukur, jangan pernah melihat orang yang berada di atas kita, baik kedudukannya, hartanya dan kelebihannya. Karena itu akan membuat kita melupakan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Lihatlah ke bawah, banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan kita.

Syukurilah segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah, karena banyak orang lain yang tidak bisa merasakan nikmat yang bisa kita rasakan, jika kita menerapkan kunci sukses dunia akhirat yang satu ini Insya Allah usaha kita akan lancar.

Selalu Husnudzan

Selalu berprasangka baik/husnudzan dalam kehidupan merupakan kunci sukses dunia akhirat yang berikutnya, berprasangka baikbertujuan agar tidak terciptanya penyakit hati. Jika setiap orang menerapkan perilaku husnudzan, maka akan terciptanya masyarakat yang harmonis dan saling menjaga. Tidak akan ada masalah yang timbul karena prasangka-prasangka buruk (su’uzan) tidak ada dalam hati mereka.

Adapun bentuk-bentuk dari husnudzan sebagai berikut:

  • Berhusnudzan kepada Allah
  • Berhusnudzan kepada diri sendiri
  • Berhusnudzan kepada orang lain

Islam telah mengajarkan agar selalu menjaga prasangka baik terhadap orang lain, karena menyembunyikan prasangka buruk terhadap orang lain merupakan sifat tercela dan dibenci Allah.

Demikian beberapa tips kunci sukses dunia akhirat yang bisa saya bagikan, semoga dengan menerapkan tips diatas kita menjadi orang yang sukses.

Kategori: ArtikelTag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "5 Kunci Sukses Dunia Akhirat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.